Apa Saja Fungsi Tangki Septik

Ketika membangun sebuah rumah, kita juga harus memikirkan masalah sanitasi atau pembuangan limbah. Dengan menggunakan pembuangan limbah yang baik, kebersihan lingkungan akan tetap terjaga dan bersih. Salah satunya dengan menggunakan tangki septik. Jenis tangki septik sekarang banyak sekali. Ada yang terbuat dari bahan semen dan dari fiber. Setiap jenisnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Lalu apa sebenarnya fungsi tangki septik untuk kehidupan sehari-hari.

Inilah Fungsi Tangki Septik Fiber

Fungsi tangki septik memang sangat banyak sekali dan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Tanpa adanya tangki septik, lingkungan akan kotor dan bau. Berikut ini beberapa manfaat tangki septik untuk kehidupan sehari-hari yang hrus anda ketahui.

 Tempat Pembuangan Limbah

Limbah disini bukan limbah secara umum, tapi lebih ke limbah kotoran dari kamar mandi, tinja, air kencing dan lainnya. semua kotoran tersebut di buang ke tangki septik. Fungsi tangki septik yang satu ini memang sangat penting. Tanpa adanya tangki septik, kotoran tersebut hanya dibuang ke sungai tanpa adanya pengelolaan sama sekali. Ini bisa mencemari lingkungan sekitar.

 Tempat Pengelolaan Limbah

Fungsi tangki septik, tidak hanya untuk pembuangan limbah kotoran saja. tetapi juga untuk tempat pengelolaan limbah. Untuk jenis septik tank bio, ada proses penyaringan limbah. Sehingga limbah pembuangannya lebih ramah lingkungan. Walaupun dibuang ke sungai atau selokan tidak akan mencemari lingkungan. Ada beberapa jenis tangki septik, yang kotoran limbahnya diolah menjadi pupuk dan energi bio gas.

 Mencegah Pencemaran Lingkungan

Fungsi tangki septik selanjutnya adalah untuk mencegah pencemaran lingkungan. Saat ini masalah pencemaran lingkungan menjadi hal yang sangat urgen. Banyak orang yang tidak tahu pengelolaan limbah dengan baik. Limbah hanya dibuang ke sembarang tempat dan tidak ada tempat penampungan. Jika dibiarkan saja, akan mencemari lingkungan dan air tanah oleh karena itu harus diatasi sejak dini. Buat tangki septik yang sesuai dengan keadaan lingkungan.

Jenis Tangki Septik Fiberglass

Sebenarnya masih banyak sekali fungsi tangki septik yang bisa kita gunakan. Tangki septik sendiri memiliki jenis yang banyak sekali. Bisa dibedakan dari ukuran, bahan dan proses pengelolaannya. Secara umum tangki septik dibedakan menjadi dua yaitu tangki septik konvensional dan tangki septik bio.

 Tangki Septik Konvensional

Tangki septik konvensional merupakan tangki septik biasa yang berbahan semen beton. Fungsi tangki septik ini hanya sebagai penampungan. Jadi tidak ada pengelolaan limbah sampai hasilnya ramah lingkungan. Kotoran akan masuk ke dalam tangki septik lalu mengendap. Airnya akan mengalir melalui pipa dan dibuang ke selokan. Hasil akhirnya ini terkadang masih bau dan kurang ramah lingkungan. Selain itu tangki septik konvensional mudah bocor dan penuh.

 Tangki Septik Bio

Fungsi tangki septik bio ini lebih bagus, karena limbah akan melalui proses penyaringan dan penjernihan. Sehingga hasil akhirnya akan lebih bersih dan ramah lingkungan. Tangki septik ini terbuat dari bahan fiber. Didalamnya terdapat alat untuk menyaring dan menjernihkan airnya. Ketika dibuang ke selokan, air sudah bersih, tidak berbau dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya. Jenis tangki septik bio ini sudah mulai banyak digunakan.

Itulah sedikit penjelasan tentang fungsi tangki septik dan jenisnya. Anda jadi tahu jenis tangki septik apa yang cocok untuk rumah anda. semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaaat buat anda.

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini