Perbaikan Tangki Kimia Untuk Berbagai Keperluan Industri

Sesuai namanya, tangki kimia merupakan tangki khusus yang memiliki bentuk dan struktur tertentu sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang berhubungan dengan penampungan zat-zat kimia. Karena selalu mendapat kontak dengan zat kimia, wadah khusus ini memerlukan perbaikan khusus. Perbaikan tangki kimia sendiri bisa dilakukan dengan mengaplikasikan material pelindung pada permukaan bahan dasar tangki tersebut. Material pelindung yang dimaksud salah satunya adalah bahan fiberglass. Ketika permukaan atau bagian tangki yang terdampak mendapatkan pelapisan dengan bahan tersebut selama beberapa kali proses pelapisan, tangki menjadi lebih kedap dengan bahan-bahan kimia yang sifatnya asam maupun basa seperti asam klorida, asam sulfat, dan sebagainya.

Beberapa Aspek Penting Dalam Perbaikan Tangki Kimia

Terkait perbaikan tangki kimia, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui. Khususnya ketika Anda berminat untuk menerapkan proyek perbaikan ini di industri yang dijalankan. Lalu, apa sajakah hal-hal penting tersebut? Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan melalui poin-poin berikut ini.

Teknik perbaikan tangki kimia asam/basa

Pekerjaan untuk memperbaiki tangki kimia dilakukan ketika suatu tangki kimia mengalami masalah atau kerusakan pada satu atau beberapa bagiannya. Kerusakan itu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai jenis senyawa kimia seperti H2SO4, HCl, serta senyawa jenis lainnya yang memiliki sifat asam maupun basa. Dengan menerapkan teknik perbaikan yang tepat, tangki kimia akan lebih optimal penggunaannya. Meskipun kembali mendapat kontak dengan senyawa yang bersifat keras, tangki yang telah dilindungi dengan bahan kedap kimia dan air tetap terlindungi. Selain itu, struktur tangki acid tersebut juga akan lebih mendapatkan penguatan sehingga bisa digunakan secara maksimal sebagai media penampungan dalam industri kimia.

Keunggulan fiber pada perbaikan tangki kimia

Ada banyak keunggulan dari material fiber yang diaplikasikan pada proyek perbaikan tangki kimia. Dibandingkan tangki lain, tangki kimia berlapis fiber lebih mudah untuk diinstalasi. Sistem knockdown yang diterapkan saat penginstalasian juga dapat menjangkau lokasi atau area yang memiliki medan sulit.

Selain itu, tangki kimia yang dapat menampung hingga 1000 meter kubik ini juga dilengkapi dengan pelindung khusus. Material pelindung tersebut akan melindungi seluruh permukaan tangki dari berbagai faktor eksternal seperti sinar UV dan senyawa kimiawi. Seperti yang kita tahu, sinar UV merupakan salah satu penyebab pudarnya warna dan turunnya kualitas pada tangki sedangkan senyawa kimiawi adalah penyebab karat atau korosi.

Proses pekerjaan perbaikan tangki kimia

Bagaimana dengan proyek perbaikan tangki acid itu sendiri? Pada dasarnya, proses pengerjaan perbaikan salah satu jenis tangki ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Pihak jasa fabrikasi atau instalasi pertama-tama akan mengecek masalah yang terjadi pada tangki tersebut untuk menentukan bagaimana proses perbaikan yang seharusnya dilakukan. Sebagai contoh, ketika terjadi masalah di salah satu bagian tangki akibat korosi, teknisi akan mengaplikasikan material khusus sebagai pelapis pada bagian tangki. Untuk selanjutnya, Anda mungkin juga disarankan untuk melakukan pemeliharaan setiap 2 bulan agar integritas penggunaannya tetap stabil.

Untuk mendapatkan instalasi tangki kimia, perusahaan yang Anda gunakan layanannya biasanya akan membuat perencanaan instalasi yang matang. Bahkan, sebelumnya juga dilakukan pembuatan desain gambar yang merepresentasikan ukuran actual dari wadah acid tersebut. Demikian pula dengan proyek perbaikan tangki kimia, perencanaan dan eksekusi rencana tersebut juga dilakukan secara seksama demi terjaga dan terlindunginya tangki kimia saat bekerja sesuai fungsinya.

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini