Tangki Septik Individu Lengkap Dengan Fungsinya

Tangki septik individu merupakan sebuah kolam ataupun bak yang memiliki sekat sehingga terbagi dalam beberapa ruang. Umumnya tangki ini ada di bawah tanah, kegunaan tangki septik sendiri sebagai tempat pembuangan yang dibuat dengan bahan kedap air. Jadi air yang ada di dalam tangki tidak bisa meresap secara langsung ke dalam tanah. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk pembuangan kotoran, limbah, tinja dan lain sebagainya yang tidak boleh disalurkan ke saluran pembuangan umum. Sebab tangki ini berisi kotoran, sehingga tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan dan juga kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Cara Kerja Tangki Septik Individu

Air pembuangan dan juga berbagai bahan padat yang didalamnya diberi kesempatan untuk membusuk dan musnah dengan cara yang alami. Air yang dikeluarkan karena berlebih akan dibuang ke sumur septik yang bisa meneruskannya ke air tanah tanpa mengganggu kebersihan dan tidak mencemari air tanah.

Kalau tidak diguyur memakai obat pembasmi renik dalam jangka waktu lama, maka tangki septik tidak perlu di kuras. Tangki septik dapat dipakai untuk mengolah limbah cair rumah tangga skala individual. Tangki ini terdiri dari bak pengendap ditambah dengan sebuah filter yang diisi kerikil atau pecahan batu yang berfungsi untuk menguraikan limbah.

Produk Lainnya : Harga Tangki Kimia dan Fungsinya

Terurainya zat organik yang ada di dalam limbah cair atau tinja nantinya akan dilakukan oleh bakteri anaerobik. Sementara itu, untuk bak pengendap nya terdiri dari 2 ruangan, ruangan pertama berfungsi sebagai bak pengendap yang pertama untuk menguraikan lumpur dan menampung lumpur. Sementara ruangan kedua berfungsi sebagai pengendap kedua dan juga penampung lumpur yang tidak terendapkan saat di ruang pertama. Sementara luapan air dari bak pengendap akan dialirkan ke media filter dengan arah aliran dari bagian bawah ke atas.

Fungsi Pembuatan Tangki Septik Individu

Pembuatan tangki septik memiliki fungsi mencegah munculnya penyakit perut menular seperti kolera, tifus, disentri dan lainnya. Penyakit ini bisa menyebar lewat feses atau tinja dari kotoran manusia. Sehingga pengelolaan kotoran harus dilakukan dengan baik dan juga terencana supaya hasilnya tidak akan memberikan dampak negatif pada kesehatan dan juga kebersihan lingkungan.

Energi Putra Bangsa merupakan salah satu produsen tangki septik individu dengan desain modern dan sudah terbukti menjadi produk sanitary yang sangat ramah lingkungan. Proses pembuatannya lewat mesin yang sudah canggih dan menerapkan metode modern dengan teknologi biotech dan biofilter sistem.

Produk Lainnya : Harga Kursi Stadion yang Berkualitas
order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini