FRP Lining Dari Spesifikasi Hingga Manfaatnya

Saat ini, ada banyak industri-industri baru yang berkembang di kalangan masyarakat. Contohnya seperti industri bangunan, pertambangan, kimia, makanan, dan sebagainya. Berbagai jenis industri tersebut membutuhkan dukungan pada peralatan atau fasilitas lainnya yang digunakan. Salah satunya adalah FRP Lining. Beberapa dari Anda yang masih awam dengan istilah tersebut tentu masih asing saat mendengarnya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui lebih jauh salah satu bentuk dukungan dalam dunia industri tersebut, Anda bisa menyimak uraian kami berikut ini.

FRP Lining dan Informasi Terkait

Istilah yang kita bahas pada kesempatan ini merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut suatu pekerjaan pelapisan atas material-material tertentu yang dianggap mudah rusak atau hancur saat terkena kimia keras atau zat penyebab karat. Pelapisan itu sendiri menggunakan material khusus yang disebut dengan fiberglass. Untuk lebih jelasnya, berikut poin-poin uraian selengkapnya yang bisa Anda simak.

FRP Lining dan spesifikasinya

FRP Lining memiliki beberapa spesifikasi penting dalam melindungi suatu benda yang terbuat dari material seperti beton, mild steel, dan sebagainya. Agar dapat melindungi material yang mudah rusak atau berkarat oleh faktor eksternal, pembuatan lapisan menggunakan bahan berlapis serat. Bahan berserat tersebut contohnya seperti fiberglass, karbon, aramid, dan sebagainya.

Selain serat, beberapa orang sebelumnya juga menambahkan bahan seperti polimer. Contoh pelapisan dengan bahan polimer missalnya vinylester, epoxy, polyester thermosetting plastic, dan sebagainya. Untuk harganya, Anda tidak perlu khawatir karena biaya untuk pekerjaan ini cukup terjangkau. Tidak hanya itu, proyek instalasi dan pelapisan material plastik fiber yang anti karat maupun zat kimiawi ini juga tidak sulit untuk dilakukan.

FRP Lining dan cara kerjanya

Bagaimana proses pelapisan itu sendiri? Pada umumnya, runtutan langkah atau cara pelapisan bergantung pada material atau barang yang hendak dilapisi. Untuk penyambungan pipa fiberglass misalnya, ada persiapan yang harus terlebih dahulu dilakukan untuk bisa melakukan pengerjaan dan pelapisan.

Untuk pipa fiberglass, FRP Lining bagian luar bisa dilakukan dengan melakukan laminasi terlebih dahulu. Setelah permukaan pipa dihilangkan, sambungkan pipa fiberglass dengan TEE. Setelah dibor dan dibersihkan, barulah proses lining bisa dilakukan. Biasanya, pelapisan dengan fiber dan resin bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk TEE pipa, konfigurasi layering bisa menggunakan 8-12 layer.

FRP Lining dan manfaatnya di dunia industri

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, berbagai barang dalam dunia industri memiliki berbagai jenis peralatan yang terbuat dari beton atau besi. Ketika mengalami kontak dengan zat lain yang memiliki sifat lebih kuat seperti asam, air laut, alkali, dan sebagainya, peralatan atau infrastruktur tersebut menjadi rusak dan berkarat.

Untuk melindungi tangki atau wadah khusus yang penting dalam aktivitas industri tersebut, dilakukanlah pelapisan dengan fiberglass ini. Ketika dilapisi dengan bahan yang lebih tahan karat dan kedap air, bahan dasar pada peralatan atau infrastruktur menjadi lebih terlindungi. Pada akhirnya, alat atau fasilitas tersebut menjadi lebih tahan lama dan aman dari berbagai jenis faktor eksternal.

Demikian beberapa hal penting seputar pelapisan menggunakan fiberglass atau sejenisnya yang bisa menambah wawasan Anda. Dengan mengetahui beberapa poin penting di atas, Anda bisa lebih tahu ketika benar-benar membutuhkan lining untuk fasilitas di hunian atau tempat usaha yang dimiliki. Untuk memanfaatkan FRP Lining di peralatan industri atau rumah tangga, Anda bisa menghubungi perusahaan yang menyediakan layanan pelapisan tersebut.

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini