FRP Coating dan Penggunaannya Di Dunia Industri dan Pertambangan

Untuk memberikan perlindungan pada tangki atau bak penampung, proyek FRP Coating sangat penting untuk dilakukan. Seperti yang kita tahu, ada berbagai jenis tangki atau bak penampungan yang diperlukan dalam aktivitas industri maupun pertambangan. Wadah khusus yang digunakan di berbagai bidang tersebut memerlukan coating atau pelapis yang dapat melindunginya dari efek negatif material yang ditampungnya maupun material lain pemicu kerusakan tertentu. Lalu, seperti apa spesifikasi dan cara kerja dari fibre-reinforced plastic coating ini? Bagaimana pula fitur penggunaannya di dunia pertambangan maupun industri tertentu? Anda bisa mendapatkan penjelasannya melalui uraian berikut ini.

Beberapa Aspek Penting Seputar FRP Coating

Ketika berniat melakukan proyek coating dengan material fibre-reinforces plastic alias FRP, mempelajari banyak hal terkait proyek tersebut adalah langkah terbaik untuk dilakukan. Meskipun bisa mengetahuinya melalui penjelasan agen atau penjual, ada kesan berbeda ketika Anda mempelajarinya sendiri terlebih dahulu. Lalu, apa sajakah hal-hal yang layak dipelajari terkait coating untuk tangki, bak, atau lainnya? Beberapa diantaranya tercantum dalam poin dan penjelasan berikut.

Spesifikasi FRP Coating

Untuk memahami seperti apa spesifikasi coating dengan material FRP ini, Anda bisa mengingat kembali bagaimana model pengecatan pada tembok. Hal ini karena proyek ini sekilas tampak seperti aktivitas pengecatan tembok atau dinding. Hanya saja, coating dengan material fiber ini menerapkan komposit lapisan yang bersifat anti-kimia.

Selain bersifat anti-kimia, material yang diaplikasikan untuk melapisi tangki atau bak juga memiliki sifat kedap air. Jadi, ada dua karakteristik pada material pelapis, yaitu kedap air dan kedap senyawa kimia keras maupun ringan. Selain karakteristik tersebut, karakteristik lainnya dari material ini adalah kedap cuaca, ringan konstruksinya, serta tidak membutuhkan pemeliharaan khusus.

Cara Kerja FRP Coating

FRP Coating akan memberikan perlindungan dan penguatan pada tangki atau bak yang terbuat dari material tertentu seperti beton dan besi yang rentan dengan karat atau zat kimiawi. Tanpa lapisan fiberglass di permukaan tampungan, resiko kerusakan akan semakin besar. Disinilah lapisan FRP ini bekerja menjalankan perannya. Material tahan air dan zat kimia ini akan memberikan perlindungan sehingga resiko kerusakan bisa lebih diminimalisir. Tidak hanya itu, kerja fungsi dari material ini juga bisa lebih optimal. Terlebih lagi, manfaat tersebut juga dioptimalkan dengan adanya bahan penyusun untuk keoptimalan perlindungan seperti serat kaca, resin, epoxy, katalist, dan sebagainya.

Penggunaan FRP Coating

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya, proyek pelapisan dengan material FRP saat ini banyak dibutuhkan oleh kalangan pelaku industri maupun pengelola pertambangan. Hal ini karena pengaplikasian material FRP Coating akan memberikan sifat anti karat pada lapisan permukaan tangki, bak, atau pipa yang digunakan di bidang tersebut. Selain itu, material yang anti korosi ini juga bisa memberikan tambahan perkuatan pada obyek tempat ia diterapkan.

Jadi, ada banyak hal yang akan sangat berguna untuk diketahui saat Anda hendak meminta suatu jasa pengerjaan proyek FRP Coating. Dengan mengetahui spesifikasi hingga penerapan coating tersebut di dunia pertambangan serta perindustrian, Anda tidak akan awam saat mengkonsultasikan kebutuhan ke pihak perusahaan atau agen jasa proyek coating fiberglass. Apabila bingung memilih perusahaan penyedia jasa coating fiberglass, Anda bisa mencari rekomendasi dari pihak yang tepercaya. Apalagi, saat ini semua bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya pemesanan online via situs resmi perusahaan penyedia jasa coating FRP.

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini