Cara Membuat Gantungan Kunci Resin

Siapa bilang membuat gantungan kunci itu susah? Asalkan ada resin dan katalis, anda sudah bisa membuatnya. Kerajinan tangan dari resin sangat bervariasi, gantungan kunci adalah salah satu contohnya. Karakter utama resin adalah bening, jadi kerajinan yang dibuat dari bahan ini akan terlihat transparan. Namun begitu, ada pula jenis resin keruh. Varian yang satu ini juga bisa dipakai untuk membuat kerajinan, tapi yang berbentuk action figure atau sejenisnya.

Persiapan Membuat Gantungan Kunci Resin

Yang perlu dipersiapkan untuk membuat gantungan kunci resin adalah resin plus katalisnya. Ini merupakan 2 komponen utama, meski ada beberapa yang lainnya. Resin sendiri merupakan bahan liquid cair, sementara katalis merupakan zat untuk mempercepat proses pengeringan. Semakin banyak katalis dicampurkan, semakin cepat pula resin akan mengering. Tapi kombinasi seperti ini tidak selalu menjadi pilihan terbaik sebab anda harus buru-buru memasang hiasan.

gantungan kunci resin
Contoh gantungan kunci resin

Harga Kerajinan Fiberglass Berbagai Ukuran

Bahan Gantungan Kunci Resin

Selain kedua material tadi, hiasan juga perlu dipersiapkan. Keindahan gantungan kunci resin ditentukan oleh hiasan yang dimasukkan ke dalamnya. Sebenarnya hiasan apa saja bisa dimasukkan, seperti serangga kering, kerikil, daun, dll. Pokoknya anda bebas memasukkan apa saja ke dalam gantungan kunci. Namun pastikan ukurannya tidak melebihi ukuran cetakan. Fungsi cetakan adalah untuk membentuk resin. Sebenarnya resin bisa dibentuk dengan media apa saja, seperti gelas, cangkir, tutup botol, dll. Tapi untuk mendapatkan bentuk gantungan kunci yang khas, anda perlu memakai silicone rubber. Keuntungan memakai silicone rubber adalah bisa dibentuk menjadi apa saja, seperti kotak, persegi panjang, lingkaran, dsb.

Hiasan Gantungan Kunci Resin

Hiasan merupakan salah satu elemen terpenting. Apa yang anda masukkan ke dalam gantungan kunci, itulah yang akan menjadi fokus utama dari kerajinan yang dibuat. Semakin cantik pernak-pernik yang anda masukkan ke dalam resin, semakin mewah gantungan kunci yang dihasilkan. Anda bisa memasukkan koleksi pribadi seperti koin, batu akik, kerang, dll. Semuanya punya ciri khas tersendiri. Ketika dimasukkan ke dalam cetakan resin, tampilannya akan semakin menarik. Anda juga bisa memasukkan pasir hias, glitter, action figure, dll.

Membuat Gantungan Kunci Resin

Membuat gantungan kunci bisa dimulai dengan mencampur resin dan katalis dengan perbandingan 10:1. Untuk 10 takar resin, anda cukup memakai 1 takar katalis. Jika terlalu banyak, kerajinan akan cepat kering, sehingga anda tidak punya waktu untuk memasukkan hiasan ke dalamnya. Kemudian, jangan lupa mengolesi cetakan dengan wax agar kerajinan tidak menempel pada wadah. Dengan adanya pelumas seperti ini, gantungan kunci akan lebih mudah diambil setelah kering. Beberapa saat setelah resin dan katalis dicampur, larutan akan terasa semakin keras. Itu menunjukkan bahwa kedua komponen sudah tercampur merata. Langsung saja tuangkan campuran ke atas cetakan dan tunggu hingga agak kering, baru masukkan hiasan ke dalamnya.

Membentuk Gantungan Kunci Resin

Proses pencampuran resin dan katalis akan menimbulkan gelembung. Tunggu hingga gelembung ini menghilang, baru masukkan hiasan. Untuk mencegah terbentuknya gelembung, anda juga bisa mengoleskan resin pada hiasan sebelum memasukannya. Bagian atas perlu ditambahkan campuran resin agar gantungan kunci menjadi lebih tebal.

Kerajinan Bahan Resin PT Energi Putra Bangsa

Membeli Gantungan Kunci Resin

Proses pembuatan gantungan kunci berbahan dasar resin sebenarnya sederhana. Tapi jika anda tidak ingin membuang-buang waktu dan kerepotan mempersiapkan semua bahan, silakan pesan saja kepada kami. Bentuk gantungan kunci bisa disesuaikan dengan keinginan, begitu pula hiasannya. Masih ada banyak kreasi lain yang bisa dibuat dengan resin. Untuk informasi selengkapnya, anda bisa menghubungi kami di nomor marketing 0813-2194-3199 (WA).

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini