Perbedaan Tangki Septik Dan Bio Toilet

Melihat lingkungan yang semakin memburuk, banyak orang yang mulai menyuarakan berbagai kegiatan cinta lingkungan. Masalah kebersihan lingkungan menjadi hal yang sangat penting. Diberbagai tempat banyak yang mengalami masalah pencemaran lingkungan. Oleh karena itu banyak inovasi yang dilakukan. Salah satunya dengan membuat bio toilet. Mungkin anda masih asing dengan bio toilet dan apa bedanya dengan toilet biasa. Tetapi untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas perbedaan tangki septik dan bio toilet.

Kenapa kita membahas perbedaan tangki septik dan bio toilet, bukan bio toilet dengan toilet biasa. Karena di bio toilet tidak butuh tangki septik seperti di toilet biasa, jadi kita akan lebih membahas tentang sistem kerja pembuangan di tangki septik dan bio toilet. Ini akan memberikan gambaran umum, tentang bagaimana pengolahan kotoran yang ada di tangki septik dan bio toilet. Untuk itu mari kita bahas lebih lanjut dibawah ini.

Perbedaan Tangki Septik Dan Bio Toilet

Perbedaan tangki septik dan bio toilet yang paling terlihat adalah dari bentuk dan cara kerja dalam pengelolaan limbahnya.

Produk Lainnya :  Harga Tangki IPAL Komunal Pengolah Limbah Domestik

Bentuk Tangki Septik Dan Bio toilet

Bentuk tangki septik dan bio toilet sangatlah berbeda. Perbedaan tangki septik dan bio toilet inilah yang paling membedakan. Tangki septik ada yang terbuat dari bahan semen atau fiber dan ditanam di dalam tanah. Sedangkan bio toilet merupakan toilet kering yang penampungannya langsung berada di bawah toilet. Jadi tidak ada tambahan tangki septik seperti di toilet biasa.

Bentuk bio toilet di indonesia memang masih sederhana. Tetapi di negara-negara berkembang, bentuk bio toilet seperti toilet duduk tetapi dengan sistem kering. Jadi tidak ada pembuangan untuk air. Kotoran akan langsung masuk ke penampungan yang ada di bawah toilet. Kotoran juga akan diolah langsung menjadi pupuk kompos. Inilah yang membuat perbedaan tangki septik dan bio toilet terlihat.

Cara Kerja Tangki Septik Dan Bio Toilet

Perbedaan tangki septik dan bio toilet selanjutnya adalah dari cara kerja. Cara pengolahan tangki septik dan bio toilet sangatlah berbeda. Pertama kita bahas tentang cara kerja dari bio toilet terlebih dahulu. pengolahan limbah di bio toilet menggunakan bantuan bakteri aerob. Jadi tinja maupun urine akan didekomposisi langsung oleh bakteri tersebut.

Produk Lainnya :  Tangki Air Berbahan Fiberglass Dan Cara Membuatnya

Dengan menggunakan media serbuk kayu yang akan menangkap limbah organik. Yang berbentuk cair maupun padat. Limbah dapur pun bisa diolah dengan bio toilet ini. Perbedaan tangki septik dan bio toilet ini membuat anda tahu perbedaannya. Dibawah toilet ada drybox sebagai penampung. Terbuat dari stainless steel atau baja. Serbuk kayu dimasukkan ke dalam dry box. Yang akan menyerap bau dan cairan kotoran. Serbuk kayu diganti 3-4 bulan sekali.

Sedangkan tangki septik biasa, ada air yang masuk ke dalam tangkinya. Kotoran akan mengendap ke bawah kemudian air akan mengalir melalui pipa. Kecuali menggunakan septik tank bio yang memiliki sistem penyaringan dan membersihkan kotoran. Sehingga kotoran yang dihasilkan lebih bersih. Perbedaan tangki septik dan bio toilet ini membuat cara kerjanya berbeda.

Untuk membuat lingkungan yang lebih bersih, banyak orang yang mulai mengembangkan bio toilet. Selain ramah lingkungan, juga lebih hemat air. Di negara-negara berkembang banyak yang mengembangkan bio toilet ini, karena lebih ramah lingkungan dan hasil pengelolaannya bisa digunakan sebagai pupuk kompos. Itulah sedikit informasi tentang perbedaan tangki septik dan bio toilet. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Produk Lainnya :  Tempat Sampah Gambar Kartun
order via whatsapp
Tagged with: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.