Tangki Air dan Bahan Pembuatannya

Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tidak bisa dibayangkan jika di dunia ini persediaan air sudah tidak bisa mencukupi lagi. Karena persediaan air bersih itu sangat terbatas, maka dibuatlah tangki air untuk menampungnya. Air bersih yang disimpan ke dalam tangki tersebut digunakan untuk mandi, minum dan mencuci. Tidak hanya sebagai kebutuhan di dalam rumah tangga saja tetapi air juga dibutuhkan untuk industri. Terlepas dari manfaat air, membahas soal tangki yang bisa menampung air begitu menarik. Di kebanyakan rumah-rumah penduduk pasti memiliki tangki yang terbuat dari plastik maupun stainlesssteel. Tetapi saat ini pun ada juga bahan fiberglass yang dipakai.

 

Jenis Jenis Tangki Air dan Bahan Pembuatannya

Tangki air itu ternyata fungsinya sangat penting, selain bisa untuk menampung air, tangki juga bisa untuk menghemat air. Dengan tangki yang sesuai dengan ukuran serta kapasitas, air bersih bisa dihemat dengan sebaik mungkin mengingat jika pada musim kemarau air bersih susah ditemukan untuk daerah tertentu. Berikut ini ada jenis-jenis tangki untuk menampung air berdasarkan bahannya.

Produk Lainnya :  Harga Tangki Air Penguin Terbaik Mutu Terpercaya

 

1. Bahan Fiberglass

Fiberglass dikenal sebagai bahan yang ramah lingkungan. Tetapi untuk penggunaan bahan tersebut pada tangki air agak kurang bagus. Mengapa? Karena fiberglass ternyata mudah rontok apabila terkena benturan. Kemudian kekurangan lainnya, tangki tersebut tidak tahan dengan sinar UV, jadi jika diletakkan di luar rumah tidak disarankan. Meskipun begitu, bahan dari fiberglass tersebut dikenal sangat ringan dan solid untuk tangki penampungan air. Tangki dari fiberglass ini biasanya digunakan di rumah-rumah. Ukuran tangki fiberglass biasanya kecil dengan kapasitas 2-4 orang. Namun jarang ada yang mau memakai tangki penampung air bahan fiberglass karena tidak ada standar kesehatannya.

 

2. Bahan Stainless Steel

Bahan pembuatan tangki yang khusus untuk menampung air selanjutnya adalah stainlesssteel. Tangki yang satu ini banyak difavoritkan utamanya untuk kalangan industri perumahan seperti rumah mewah dan hotel. Mengapa? Karena tangki yang berbahan stainlesssteel tersebut sinar matahari tidak akan tembus ke dalam sehingga tidak akan mungkin ditumbuhi lumut. Kelebihan lain yang dimiliki adalah terlihat mewah dan eksklusif bentuknya lalu sudah masuk standar kesehatan karena kualitasnya telah diakui oleh FDA. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh tangki tersebut ternyata harganya pun sangat mahal yaitu sekitar 5 juta rupiah. Kapasitas air yang bisa ditampung pun termasuk besar yaitu sekitar 1000 liter untuk 4 orang.

Produk Lainnya :  Tangki Kimia Fiberglass - Water Tank Panel - Bio Septic Tank

 

3. Bahan Polyethlene

Bahan yang sering dipakai untuk pembuatan tangki air lainnya adalah polyethlene. Bahan ini merupakan bahan plastic yang ringan dan juga banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Lapisan dinding dari tangki bahan tersebut juga sangat solid dan kuat sehingga tahan terhadap benturan. Tangki polyethylene ini ternyata juga sudah diakui oleh FDA untuk standar kesehatannya dan harganya pun cukup murah yaitu sekitar 1 juta rupiah. Tak heran jika tangki ini lebih banyak dipakai untuk kawasan perumahan, industri, usaha kost-kostan, kamar mandi umum dan lain-lain.

Cara menghitung kapasitas air yang digunakan untuk menentukan ukuran tangki pun sangat mudah. Anda bisa menghitung jumlah pemakaian air bersih per harinya kemudian dikalikan dengan jumlah pemakai. Nantinya hasil jumlah tersebut akan ketemu berapa kapasitas air atau volume air dalam 1 hari penuh. Misal ketemu 1000 liter maka tangki air yang harus dipilih harus yang berukuran kapasitas untuk 4 orang. Untuk mendapatkan produk tangki terbaik Anda bisa menghubungi marketing PT. Energi Putra Bangsa dengan mengisi form halaman pada contactus.

Produk Lainnya :  Harga Tangki Air Kotak yang Berkualitas

order via whatsapp

Dengan label:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

one × 1 =