Tahapan Membuat Kerajinan Resin

Membuat kerajinan resin tidak sesulit yang anda kira. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Yang pertama adalah cetakan. Karena kerajinan ini dibentuk dengan cara dicetak, maka anda perlu mempersiapkannya di awal. Membuat cetakan bisa dilakukan dengan mencampur silicone rubber dan hardener. Tunggu beberapa saat hingga mengering, anda akan mendapatkan cetakan yang diinginkan.

Bentuk kerajinan resin

Resin merupakan material cair yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan, seperti replika, gantungan kunci, action figure, dll. Ada dua macam resin, yaitu resin bening dan keruh. Keduanya sama-sama dipergunakan untuk membuat kerajinan, namun hasilnya relatif berbeda. Resin bening biasanya diberikan hiasan agar terlihat lebih menarik, sementara resin keruh akan dibentuk menjadi objek tertentu. Kedua jenis resin ini juga bisa diberikan pigmen atau pewarna. Untuk resin bening, penambahan pigmen tetap akan membuatnya transparan, sementara resin keruh cenderung tidak tembus pandang.

Persiapan kerajinan resin

Pertama-tama, anda perlu membuat cetakan terlebih dahulu. Sebenarnya mencetak resin bisa dengan apa saja. Tapi jika ingin hasil kerajinan yang benar-benar unik, anda perlu memakai silicone rubber. Bahan ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 150 ribu rupiah perkilonya. Varian yang lebih mahal juga ada. Sifat utama dari bahan ini adalah elastis. Untuk membuat cetakan, cukup campurkan silicone rubber dengan hardenernya dengan takaran yang disarankan. Beberapa toko kimia menjual silicone rubber dan hardener secara paketan.

Mencampur bahan kerajinan resin

Kalau cetakan sudah ada, tahap berikutnya adalah mencampur bahan utama. Untuk resin bening, bahan yang paling diperlukan adalah resin dan katalisnya. Takaran yang sering dipakai adalah 10:1, dimana resin selalu lebih banyak dibandingkan dengan katalisnya. Fungsi katalis sebenarnya adalah untuk mempercepat proses pengeringan. Jadi jika ditambahkan terlalu banyak, resin akan cepat mengental dan kering. Anda perlu lebih teliti dalam mencampurkan kedua bahan ini. Untuk resin keruh, bahan yang dibutuhkan juga sama, yaitu resin keruh dan katalis. Hanya saja jika anda membutuhkan adonan yang lebih banyak, tambahkan saja talc.

Membentuk kerajinan resin

Jika ingin memakai gelas air mineral untuk mencampur resin, anda bisa mengisi 4/5 bagian dari gelas dengan resin, kemudian menambahkan sekitar 4 hingga 5 tetes katalis. Dengan beberapa kali percobaan, anda akan bisa mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Misalnya jika terasa terlalu pekat, anda bisa menambahkan resin. Atau jika terlalu encer, silakan tambahkan katalis. Ketika mengaduk, akan muncul gelembung pada resin. Tapi tidak usah khawatir sebab gelembung tersebut akan perlahan menghilang. Setelah tidak ada lagi gelembung, baru masukkan hiasan ke dalamnya. Hiasan apa saja bisa ditambahkan, seperti koin, perangko, serangga kering, foto, dll.

Pengeringan kerajinan resin

Setelah hiasan dimasukkan ke dalamnya, tambahkan lagi resin pada bagian atas agar hiasan masuk agak ke dalam. Tahap terakhir adalah pengeringan. Katalis memastikan resin kering pada waktunya. Anda tidak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Yang penting jauhkan resin dari lingkungan yang lembab. Setelah kering, lepaskan kerajinan resin dari wadahnya. Biasanya kalau memakai silicone rubber, tidak sulit untuk melepas kerajinan.

Jual kerajinan resin

Setelah semuanya beres, tahap terakhir adalah mendistribusikan kerajinan resin. Jika anda tidak ingin repot-repot membuatnya, kami siap membantu membuatkan kerajinan yang sesuai keinginan. Tinggal sampaikan saja desain seperti apa yang mau dibuat. Kemudian hiasan apa yang ingin dimasukkan, begitu pula dengan bentuk, dll. Setelah semuanya siap, akan segera masuk ke tahap pembuatan. Untuk informasi lebih lanjut seputar pemesanan, silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0856-2200-600 (WA) – Harri Achmadi.

Kami pengrajin fiberglass terbesar di Bandung yang memproduksi berbagai macam produk-produk unggulan seperti patung, lampu, kerajinan dari resin, miniatur, ornamen, desain interior, dan lainnya.

Dengan label: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

nine − two =