Tahapan Cara Kerja Bio Septic Tank

Bio septic tank termasuk jenis tempat pembuangan limbah yang paling banyak digunakan saat ini. Bio septic tank lebih ramah lingkungan dibandingkan septic tank konvensional. Setiap hari manusia selalu menghasilkan limbah yang banyak. Jika tidak menggunakan tempat pembuangan yang tepat, akan membuat limbah manusia semakin menumpuk dan tidak terurai. Di septic tank konvensional, tidak ada sistem penyaringan. Jadi limbah hanya akan terendam saja. sedangkan di bio septic tank ada sistem penyaringan, yang membuat hasilnya lebih ramah lingkungan. Tahapan Cara kerja bio septic tank memang sangat bagus.

Tahapan Cara Kerja Bio Septic Tank Fiberglass

Banyak orang yang masih ragu memakai bio septic tank, karena tidak tahu cara kerja bio septic tank itu sendiri. Padahal bio septic tank, 100 kali lebih bagus dibandingkan septic tank konvensional. Dengan bio septic tank, limbah kotoran akan diurai menjadi cairan yang lebih bersih dan jika dialirkan ke saluran pembuangan, tetap aman dan ramah lingkungan.

Setelah bio septic tank ditanam di dalam tanah. Sambungkan dengan pipa pembuangan yaitu pipa air yang masuk dan keluar. Pipa masuk berarti pipa dari dalam rumah, kemudian pipa keluar berarti pipa untuk mengeluarkan hasil air yang sudah bersih dan dibuang ke selokan. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara kerja bio septic tank yang harus anda ketahui.

Langkah-langkah Yang Terjadi Dalam Bio Septic Tank

     Tahap Filterisasi I

Cara kerja bio septic tank yang pertama adalah tahap filterisasi. Setelah limbah masuk ke dalam bio septic tank lewat pipa inlet. Limbah akan langsung di filterisasi oleh honeycomb 1. Disini akan terjadi proses penyaringan limbah. Selain itu disini sebagai tempat tumbuh kembang bakteri pengurai. Limbah-limbah yang mengandung suspended solids dan bakteri e.coli tinggi, akan disaring sehingga konsentrasinya berkurang.

     Tahap Filterisasi II

Inilah salah satu kelebihan dari bio septic tank, tidak hanya menyaring dalam satu tahap tetapi dua tahap penyaringan. Setelah melalui proses filterisasi I. Tahapan cara kerja bio septic tank, akan mengalami filterisasi kedua. Penyaringan kedua ini menggunakan media bioball. Media bioball yang dilewati air limbah, lambat laun akan dilapisi oleh mikro organisme bakteri pengurai. Sampai akhirnya limbah akan terurai oleh bioball dan merubahnya menjadi bentuk cair. Pada tahap ini konsentrasi BOD akan berkurang, karena telah tersaring oleh media bioball.

     Tahap Filterisasi III

Cara kerja bio septic tank selanjutnya adalah tahap filterisasi ketiga dengan menggunakan media honeycomb. Disini terjadi penyaringan yang lebih bersih. Limbah yang cair akan disaring lagi oleh media honeycomb. Limbah akan diuraikan oleh bakteri, sehingga hasilnya lebih bersih dan tidak bau. Disini limbah akan dibersihkan sampai benar-benar bersih dan menjadi cairan yang ramah lingkungan.

     Proses Penjernihan

Proses yang terakhir adalah proses penjernihan oleh klorin. Disinilah cara kerja bio septic tank yang sangat penting. Disini limbah yang sudah dicairkan dan disaring, akan dijernihkan oleh klorin. Selain dijernihkan, bakteri yang terdapat didalam limbah akan dibunuh. Sehingga air limbahnya lebih bersih dan jernih.

Melalui empat tahapan diatas, akan membuat hasil limbah yang lebih bersih. Air limbah yang dibuang ke selokan lebih bersih, tidak berbau dan ramah lingkungan. Sehingga masalah pencemaran lingkungan akan teratasi dengan baik. Air tanah juga tidak tercemari. Anda bisa membeli bio septic tank di ramadhanijaya. Langsung hubungi tim marketing saja, itulah sedikit informasi tentang cara kerja septic tank. Semoga bermanfaat.

order via whatsapp

IRA PUSPITA 081223418135

Tersimpan di blog Dengan label: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

5 × 1 =