Sistem Tangki Septik Rumah Tangga

Salah satu ciri rumah yang sehat adalah memiliki sanitasi yang baik. Sanitasi disini merupakan tempat pembuangan limbah. Setiap harinya rumah tangga pasti menghasilkan limbah yang banyak sekali. Semua limbah tersebut harus ditampung dan diolah dengan baik, supaya tidak mencemari lingkungan. Salah satu cara sanitasi yang baik di rumah tangga adalah dengan menggunakan tangki septik. Sistem tangki septik rumah tangga lebih simple.

Ada dua jenis sistem tangki septik rumah yaitu yang menggunakan tangki septik konvensional dan biofilter tangki septik. Kedua jenis sistem ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara kerja dari kedua jenis tangki septik tersebut.

Sistem Tangki Septik Rumah Konvensional

Untuk sistem tangki septik rumah konvensional, cara kerjanya lebih sederhana. Tangki septik konvensional ini terbuat dari bahan semen beton yang ditanam didalam tanah. Buatlah tangki septik jauh dari resapan air, supaya tidak akan mencemari air tanah. Salah satu kekurangan tangki septik konvensional adalah mudah merebes dan penuh, karena tidak ada proses pengelolaan yang baik.

Pipa dari kamar mandi akan disambungkan ke tangki septik. Nanti kotoran akan mengendap dengan sendirinya dan melakukan fermentasi. Kotoran endapan akan ke bawah dan air serta minyak mengambang di permukaan. Air ini akan mengalir ke pipa keluar dan akan dikeluarkan ke sungai atau selokan. Sistem tangki septik rumah ini masih sangat sederhana. Terkadang juga bisa menyebabkan mampet, jika ada barang yang masuk ke saluran. Air yang dibuang masih bau dan berwarna coklat.

Sistem Tangki Septik Rumah Biofillter

Dengan teknologi yang semakin maju, banyak orang yang melakukan inovasi terhadap lingkungan. Salah satunya dengan menciptakan tangki septik biofillter. Sistem tangki septik rumah ini lebih bagus dibandingkan tangki septik konvensional. Tangki septik biofillter ini memiliki 4 kali penyaringan, sehingga hasil limbahnya lebih bersih dan ramah lingkungan. Salah satu alasan menciptakan biofillter adalah untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan yang semakin parah.

Tangki septik biofillter biasanya terbuat dari bahan fiber. Didalamnya ada alat penyaring yang berbentuk bola kecil. Sistem tangki septik rumah ini memang cukup rumit. Pertama kotoran dari kamar mandi akan masuk ke dalam tangki septik. Lalu akan masuk ke tahap filter pertama dengan menggunakan honeycomb 1. Disini limbah akan diurai oleh bakteri pengurai. Konsetrasi bakteri e.coli akan berkurang.

Selanjutnya akan masuk ke filterisasi kedua. Pada sistem tangki septik rumah ini, limbah akan dihancurkan media bioball. Sampai limbah padat berbentuk halus dan cair. Limbah akan melalui proses penjernihan oleh klorin. Limbah yang sudah berbentuk cair, akan dibersihkan dan dijernihkan oleh tablet disinfektan. Sampai akhirnya bersih dan siap dibuang ke selokan.

Hasil akhir dari septik tank biofillter lebih bagus dan lebih aman untuk lingkungan. Tidak akan membuat pencemaran pada air tanah maupun lingkungan. Inilah yang membuat banyak orang mulai beralih ke septik tank biofillter. Tak hanya sistem tangki septik rumah yang bagus tetapi juga harganya terjangkau.

Saat ini sangat mudah menemukan tangki septik biofillter. Anda bisa melakukan pemesanan di ramadhanijaya. Kami menyediakan berbagai macam tangki septik yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Anda bisa langsung menghubungi tim marketing atau mengisi formulir di website. Itulah sedikit informasi tentang sistem tangki septik rumah. Semoga bermanfaat.

Dengan label: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

4 + nineteen =