Perencanaan Tangki Septik Komunal Fiber

Di kota besar pertumbuhan penduduk semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini membuat aktivitas masyarakat semakin meningkat. Dalam aktivitas manusia, ada suatu hal yang penting yaitu air. Manusia membutuhkan air untuk berbagai hal. Termasuk dalam urusan kebersihan sehari-hari. Di kampung yang padat penduduk, wc umum atau wc komunal sangat dibutuhkan. Karena banyak orang yang tidak memiliki kamar mandi sendiri. Dengan adanya mck komunal, berarti anda butuhkan tangki septik komunal juga. Lalu bagaimana perencanaan tangki septik komunal yang benar.

Proses Perencanaan Tangki Septik Komunal Fiberglass

Perencanaan tangki septik komunal ini berhubungan dengan proses pengolahan limbah yang dihasilkan dari mck komunal. Sehingga sanitasi masyarakat tetap berjalan dengan baik dan lingkungan tidak akan tercemar. Dalam pembangunannya, sistem pengelolaan limbah akan terpusat pada satu tempat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya lebih lengkap.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat perencanaan tangki septik komunal. Seperti masalah keamanan, faktor fisik, sosial, lingkungan, ekonomi dan juga teknik. Kondisi lingkungan sangat mempengaruhi cara kerja dari tangki septik komunal tersebut. Apakah dekat dengan sungai atau tidak. Lokasi dengan pemukiman warga dan lain sebagainya. Tangki septik lebih baik berlokasi di tempat yang jauh dengan pemukiman warga dan jauh dari sumur resapan. Supaya tidak terjadi pencemaran. Kecuali anda menggunakan wc kering yang tidak perlu tangki septik.

Tahapan Perencanaan Tangki Septik Komunal

     Karakteristik Air Limbah

Dalam pembuatan perencanaan tangki septik komunal, anda harus tahu seperti apa karakteristik limbah dan debit air limbahnya. Ini akan berpengaruh terhadap ukuran tangki septik. Dengan mengetahui karakteristik air limbah, kita juga tahu apakah anda pengelolaan lebih lanjut atau tidak perlu. Jadi harus diperhatikan dengan sedetail mungkin mengenai karakteristik air limbah yang akan ditampung dalam tangki septik komunal.

     Desain Tangki Septik

Setelah mengetahui karakteristik air limbahnya, baru anda memperhatikan desain tangki septik. Hal ini sangat penting dalam perencanaan tangki septik komunal. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, anda bisa menggunakan desain tangki septik bio. Supaya hasil olahan limbahnya aman untuk lingkungan dan tidak akan menyemari lingkungan. Limbah diolah menjadi hal yang lebih bermanfaat dan tidak akan membuat lingkungan semakin bau. Apalagi debit limbah yang dihasilkan sangat banyak setiap harinya.

     Bahan Tengki Septik

Perencanaan tangki septik komunal selanjutnya adalah masalah bahan tengki septik itu sendiri. Saat ini tangki septik memiliki jenis yang banyak. ada yang terbuat dari batu bata, beton bertulang, fiberglass dan lain sebagainya. Setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pilihan bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai sistem pengelolaan yang akan dilakukan,

Ketiga hal tersebut harus anda perhatikan dalam perencanaan tangki septik komunal. Selanjutnya tinggal proses pembuatan. Proses pengelolaan limbah ini harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai limbah yang dihasilkan malah akan mencemari lingkungan sekitar dan membuat air tanah kotor.

Apalagi untuk mck komunal yang digunakan oleh banyak. anda harus tahu aktivitas apa yang paling banyak dilakukan mereka. Mandi, mencuci atau buang air. Semua limbah yang dihasilkan akan diolah melalui tangki septik. Dengan begitu perencanaan tangki septik komunal harus diperhitungkan dengan sebaik mungkin.

Jangan sampai pengelolaan limbahnya bocor dan mencemari lingkungan. Letakkan di tempat yang jauh dari pemukiman warga. Jika anda sungai. Letakkan didekat sungai, supaya setelah proses pengelolaan. Hasil akhir limbah bisa dibuang ke sungai. Itulah sedikit tentang perencanaan tangki septik komunal. Semoga bermanfaat.

Tersimpan di blog Dengan label: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

six + four =