Perawatan Bio Septic Tank Yang Benar

Banyak orang yang tidak begitu memikirkan masalah sanitasi atau pembuangan di rumah. Hanya membuat septic tank biasa, lalu tanpa dilakukan perawatan sama sekali. Padahal masalah sanitasi merupakan hal yang sangat penting. Jika dibuang begitu saja, bisa membuat air tanah tercemar dengan limbah rumah tangga. Dibandingkan memakai septic tank yang konvensional, lebih baik menggunakan bio septic tank. Apalagi perawatan bio septic tank tidak sulit.

Perawatan Bio Septic Tank Fiberglass

Ada banyak sekali kelebihan yang akan anda dapatkan jika menggunakan bio septic tank. Apalagi saat ini banyak orang yang menjualnya. Harganya pun terjangkau, hanya sekitar 1 jutaan rupiah saja. Dengan menggunakan bio septic tank, hasil limbah akan lebih bersih dan ramah lingkungan. Jika di buang ke selokan, akan aman dan tidak menimbulkan bau. Selain itu tidak akan mencemari lingkungan. Hal ini membuat banyak orang beralih ke bio septic tank dibandingkan septic tank konvensional.

Tak hanya hasil limbah yang lebih bersih, tetapi dengan bio septic tank proses pemasangannya lebih mudah. anda hanya perlu lagi lubang dengan ukuran yang sesuai. Kemudian masukan bio septic tank ke dalam lubang galian dan dihubungkan dengan pipa pembuangan. Secara umum bio septic tank, tidak membutuhkan perawatan khusus. Perawatan bio septic tank sangat mudah dan tidak mengeluarkan uang banyak.

Cara Perawatan Bio Septic Tank

Perawatan bio septic tank, memang tidak sulit dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Tetapi anda harus tetap melakukan beberapa perawatan ringan, supaya bio septic tank tetap awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan.

     Jangan Masukan Benda Keras

Walaupun bio septic tank dapat menghancurkan benda keras, tetapi bukan berarti bisa menghancurkan pisau, besi dan lainnya. Bio septic tank hanya bisa menghancurkan tinja menjadi cair. Bukan benda yang keras. Salah satu perawatan bio septic tank yang harus anda lakukan adalah jangan membuang benda yang tidak bisa diurai oleh bakteri pengurai. Seperti batu, plastik, pampres, putung rokok, kertas, plastik kemasan shampo dan lainnya.

     Jangan Gunakan Pembersih Kloset

Jangan gunakan sabun pembersih kloset secara berlebihan. Perawatan bio septic tank yang satu ini, sering dilupakan oleh banyak orang. Bahan kimia yang ada di pembersih kloset bisa membunuh bio bakteri penghancur yang ada di dalam septic tank. Oleh karena itu gunakan pembersih kloset secukupnya.

     Gunakan Air Secukupnya

Selain untuk menghemat air, anda juga harus menggunakan air secukupnya untuk perawatan bio septic tank. Pada saat flashing toilet, jangan memakai air terlalu banyak. Ini akan membuat air didalam bio septic tank semakin penuh. Jika air di bio septic tank terlalu penuh, akan membuat kerja bakteri pengurai tidak maksimal.

     Penggantian Bakteri Pengurai

Perawatan bio septic tank yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengganti bakteri pengurai secara berkala. Ini akan membantu proses pengurai lebih efektif. Gantilah minimal satu tahun sekali, secara berkala. Hal ini dilakukan supaya jumlah bakteri yang ada di bio septic tank tetap berkembang biak dan banyak.

     Pemberian Tablet Disinfectan Secara Berkala

Selain penggantian bakteri pengurai, anda juga harus mengganti tablet disinfectan. Perawatan bio septic tank ini harus dilakukan secara rutin minimal 6 bulan sekali. Gantilah tablet disinfectan secara berkala. Supaya air yang dibuang tetap bersih dan ramah lingkungan.

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan, dalam perawatan bio septic tank. Tidak butuh perawatan khusus dan memakan banyak biaya. Cukup perawatan ringan yang bisa anda lakukan sendiri. supaya tetap awet, lakukan perawatan secara rutin setiap 1 tahun sekali.

order via whatsapp

 

Dengan label: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

nine − 7 =