Pelapisan Fiberglass dan Penggunaannya

Fiberglass merupakan material yang memiliki banyak kegunaan. Material ini biasa digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan suatu produk rumah tangga maupun industri seperti tangki dan sebagainya. Namun, seiring dengan semakin bermunculannya inovasi-inovasi di bidang industri, muncullah istilah pelapisan fiberglass. Istilah ini mengacu pada penggunaan material fiberglass untuk melapisi berbagai jenis material lainnya yang lebih rapuh ketika mendapat kontak dengan sesuatu seperti zat kimia asam. Contoh dari material yang biasa mendapat terapan fiberglass antara lain beton dan besi. Barang dari besi seperti tiang listrik merupakan barang yang akan mudah terserang karat sehingga perlu dilapisi fiberglass.

Pelapisan Fiberglass dan Beberapa Hal Terkait Lainnya

Material fiberglass digunakan sebagai bahan pelapisan karena memiliki banyak keunggulan seperti tahan dari faktor eksternal seperti zat kimia serta lebih fleksibel sebagai bahan pelapisan. Selain itu, material serat kaca ini juga bersifat kedap air sehingga cocok pula untuk diterapkan pada tangki air. Untuk lebih jelasnya mengenai pelapisan dengan serat fiber atau yang disebut juga dengan fiberglass coating, Anda bisa menyimak beberapa poin penting berikut ini.

Pelapisan fiberglass menggunakan resin

Dalam mengerjakan project pelapisan, pada umumnya pihak yang Anda sewa jasanya akan menggunakan resin. Resin ini sendiri merupakan material kimia yang ditambahkan sebagai pelapis. Bahan yang biasanya tersedia dalam bentuk cair ini memiliki sifat kedap air sehingga ketika diterapkan pada kolam beton, tangki air, dan sebagainya akan melindungi bahan dasar penyusun benda tersebut. Ketika Anda hendak meminta suatu perusahaan untuk mengerjakan pelapisan pada suatu obyek, agen atau perusahaan tersebut terkadang akan menawarkan resinnya dan menjelaskan penggunaan resin tersebut. Sebagai pembeli, Anda bisa mengkonsultasikan lebih banyak kriteria dengan pihak pengelola.

Pelapisan fiberglass dengan serat fiber cs matt 450

Selain memanfaatkan resin, ada pula material lain yang diterapkan dalam fiberglass coating. Material yang dimaksud adalah serat fiber cs matt 450. Pelapisan fiberglass menggunakan serat fiber cs matt 450 semakin memberikan keuntungan maksimal pada obyek tempat ia diaplikasikan yang dalam hal ini contohnya tangki atau bak beton.

Seperti resin, material yang teraplikasikan ke lapisan beton atau baja membuat obyek seperti tangki atau bak lebih kedap terhadap berbagai faktor eksternal seperti sinar UV, jamur, zat kimia, dan sebagainya. Selain itu, pelapisan ini juga bisa meminimalisir masalah kebocoran air atau zat kimia tertentu melalui sifat material pelapisnya yang cepat mengeras dan beku.

Pelapisan fiberglass untuk perkuatan terhadap korosi

Dari sekian banyak masalah yang sering dikeluhkan, salah satunya adalah korosi. Masalah tersebut bisa timbul ketika air atau kimia mengikis material yang menyusun wadahnya seperti beton dan besi. Karena itu, agar bisa digunakan secara maksimal, diperlukanlah pelapisan fiberglass yang bisa memperkuat dasarannya dari berbagai faktor pemicu korosi. Dengan penguatan tersebut, tangki atau bak maupun pipa bisa digunakan secara maksimal dan dalam rentang waktu yang lama.

Itulah beberapa aspek dalam fiberglass coating yang penting untuk Anda ketahui, khususnya ketika hendak memanfaatkan layanan dari perusahaan terkait. Selain memiliki kegunaan penguat dan pelindung, permukaan suatu media yang mendapat pelapisan fiberglass juga bisa dibuat dengan beraneka ragam pilihan warna. Dengan begitu, tidak hanya ada manfaat praktis yang didapatkan melainkan juga manfaat atau fungsi estetika. Sudahkah tangki, kolam, atau bak di lingkungan Anda tinggal atau bekerja menerapkan pelapisan dengan fiberglass?

order via whatsapp

3 thoughts on “Pelapisan Fiberglass dan Penggunaannya”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini