Pelapisan Fiber Tahan Kimia dan Kegunaannya

Anda pernah menjumpai tentang pelapisan fiber tahan kimia? Ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik gunanya untuk melapisi barang-barang industri. Namun, tidak semua benda yang ada di pabrik harus dilapisi ini saja. Ini digunakan hanya untuk barang-barang tertentu. Pelapisan fiberglass tersebut bertujuan untuk membuat benda yang dilapisi menjadi tahan lama/awet, lebih kuat dan juga lebih aman. Bahan pelapis yang dipakai umumnya adalah yang terbuat dari fiberglass. Mengapa? Karena fiberglass itu merupakan bahan yang ramah lingkungan dan tentu saja lebih aman dipakai. Mengapa tidak memakai bahan plastic saja untuk melapisi? Karena plastic itu tidak tahan panas.

 

Pelapisan Fiber Tahan Kimia untuk Pabrik/Industri

Bagi yang sudah terbiasa bekerja di pabrik tentu saja sering melihat pelapisan fiber tahan kimia. Biasanya pelapisan atau istilah kerennya adalah lining,ini berfungsi untuk membuat benda yang dilapisi bisa kuat terhadap cairan acid atau asam. Cairan asam dari bahan kimia itu sangat keras, tidak sembarang benda yang menampung bisa menahannya. Bila itu ditampung tangki besi, tangki tersebut tidak akan bertahan lama karena lama kelamaan bisa keropos. Untuk menghindari keropos tersebut digunakan lining menggunakan bahan dari fiberglass. Lalu pabrik mana saja yang selalu melakukan pelapisan tersebut?

 

Pelapisan Fiber Tahan Kimia untuk Pabrik Tekstil

Kegiatan lining barang pabrik itu memang sangat penting. Selain difungsikan untuk membuat benda/mesin lebih awet, pelapisan juga bisa untuk menjaga keamanan. Pabrik tekstil termasuk salah satunya yang sering melakukan fiberglasslining. Pada umumnya mereka melakukan fiberglasslining untuk bak penampungan atau tangki air.

 

Pelapisan Fiber Tahan Kimia untuk Pabrik Otomotif

Fiberglasslining juga sering dilakukan oleh pabrik otomotif. Pabrik otomotif tentu saja banyak bahan kimia yang dipakai untuk mencairkan benda atau sesuatu. Untuk mencuci sparepart di pabrik otomotif tentu perlu tangki air yang besar dan airnya harus steril. Mengapa? Jika tangki air yang dipakai berkarat, kandungan logam di dalam air nanti bisa merusak mesin-mesin mobil. Jadi, tangki air sebaiknya dilapisi bahan fiberglass.

 

Pelapisan Fiber Tahan Kimia untuk Pabrik Kertas

Pelapisan fiber tahan kimia juga dilakukan oleh pabrik kertas. Membuat kertas tentu saja membutuhkan bahan kimia dan asam kimia yang dihasilkan tentu tidak bisa dibuang begitu saja. Pastinya cairan asam tersebut harus ditampung di tempat atau wadah seperti tangki kimia. Melapisi tangki kimia dengan bahan fiberglass tentu saja sangat diperlukan. Mengapa? Karena ini bisa menghindari tangki kimia terjadi pelapukan dan mengakibatkan keropos. Asam kimia itu tentu ph nya sangat tinggi dan besi terkadang bisa hancur bila ph dan suhu dari cairan kimia tersebut sangat tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, bisa dilakukan fiberglasslining.

 

Pelapisan Fiber Tahan Kimia untuk Pabrik Makanan

Satu lagi pabrik atau industri yang sering menggunakan fiberglasslining adalah pabrik makanan. Jika itu merupakan pabrik makanan yang besar, tentu saja limbah pengolahan makanan juga terbilang banyak. Pabrik-pabrik nakal biasanya mengalirkan limbah di sungai dan ini sangat dilarang. Pabrik yang baik biasanya memiliki bak limbah untuk menampung buangan. Bak limah biasanya juga dilapisi dengan fiberglass.

 

Alat-alat pabrik yang sering dilapisi dengan fiberglass biasanya seperti tangki air, tangki kimia, bak limbah, bak beton dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan supaya benda tersebut tetap awet dan menghemat biaya perawatan pabrik. Pelapisan fiber tahan kimia juga berfungsi untuk keamanan.

Dengan label: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

three + twelve =