Kerajinan Bahan Resin PT Energi Putra Bangsa

Tidak ada batasan untuk berkreasi dengan resin cair. Anda bisa membuat berbagai kerajinan tangan, seperti gantungan kunci, pengganjal jendela, plakat, dsb. Dengan sifatnya yang bening, kerajinan ini memang terlihat sangat menarik. Keunikan kerajinan resin sangat ditentukan oleh jenis hiasan yang dimasukkan ke dalamnya. Hiasannya bisa apa saja, seperti kancing, kerikil, kerang, koin, daun kering, serangga kering, perangko, dll. Jika anda punya koleksi unik yang ingin diabadikan, silakan bentuk menjadi kerajinan resin.

Kerajinan bahan resin cair

Membuat kerajinan resin tidak sulit sama sekali. Yang dibutuhkan hanya dua, yaitu resin beserta katalisnya. Memang ada bahan lain yang perlu dipersiapkan, tapi dua ini yang terpenting. Anda bisa mendapatkannya di toko kimia atau toko kerajinan. Kemudian persiapkan juga cetakan. Alat cetak standar untuk kerajinan resin adalah silicone rubber. Namun begitu, anda juga bisa memakai cetakan lain seperti mangkuk tupperware, wadah plastik, atau yang lainnya. Hanya saja, jika anda memakai alat cetak tidak standar, ini mungkin akan mempengaruhi kejernihan dari kerajinan itu sendiri.

Kerajinan bahan resin transparan

Salah satu ciri khas kerajinan resin adalah tampilannya yang transparan. Ini sangat wajar sebab resin sendiri memang transparan. Resin juga bisa diwarnai. Dengan mencampurkan pewarna, akan didapatkan resin warna-warni, namun tetap transparan. Jika ingin mendapatkan warna solid, anda bisa memakai resin keruh. Perbedaan resin bening dan keruh hanya dari segi tampilannya saja. Resin keruh sering dipakai untuk membuat action figure, miniatur, dan kerajinan sejenis. Berbeda dengan resin bening, anda tidak bisa begitu saja memasukkan hiasan ke dalam resin keruh sebab kemungkinan besar tidak akan terlihat dari luar. Jadi sesuaikanlah resin yang dipakai dengan jenis kerajinan yang ingin dibuat.

Pembuatan kerajinan bahan resin

Untuk membuatnya, pertama-tama anda harus mempersiapkan semua bahan. Resin, katalis, pencetak, minyak, adalah beberapa yang perlu dipersiapkan. Minyak dipakai untuk melapisi permukaan cetakan. Ini penting terutama untuk cetakan yang mudah menyatu dengan resin. Jika tidak diberi pelumas, kemungkinan besar kerajinan akan sulit diangkat jika sudah kering nanti. Berikutnya, campurkan resin dan katalis dengan perbandingan 10:1. Ini artinya anda perlu mencampur 10 takar resin dengan 1 takar katalis. Pemakaian katalis tidak usah terlalu banyak sebab itu akan mempercepat proses pengerjaan resin. Jika campuran terlalu cepat kering, anda akan kesulitan untuk memasukkan hiasan. Pencampuran bahan bisa memakai apa saja, atau wadah standar untuk zat-zat kimia.

Mengerjakan kerajinan bahan resin

Alangkah baiknya jika anda mengerjakan kerajinan ini di ruangan yang ada ventilasinya. Alasannya adalah karena bau yang dikeluarkan dari bahan-bahan yang dipergunakan bisa sangat kuat. Untuk menetralisirnya, bekerjalah di ruangan dengan ventilasi. Tidak usaha membawa semua bahan keluar ruangan, apalagi sampai terpapar sinar matahari. Cukup buka jendela jika anda ingin mengerjakannya di dalam ruangan.

Pencampuran kerajinan bahan resin

Pencampuran resin dan katalisnya akan menciptakan gelembung. Namun gelembung-gelembung tersebut akan perlahan menghilang ketika didiamkan. Alternatif lain untuk mencegahnya adalah menuangkan resin dengan aliran kecil. Jika anda masih melihat adanya gelembung, dibiarkan saja. Pencampuran juga akan mengubah tekstur dari resin, yaitu menjadi agak kental. Itu menandakan bahwa kedua bahan sudah tercampur sempurna. Silakan langsung tuangkan pada cetakan dan masukkan hiasan ke dalamnya.

Produsen kerajinan bahan resin

Kami PT Energi Putra Bangsa merupakan salah satu pengrajin resin di Bandung. Jika anda tidak ingin repot-repot membeli bahan dan membuatnya sendiri, pesan saja langsung kepada kami. Sampaikan spesifikasi yang diinginkan ketika memesan. Informasi lebih lanjut soal harga dan yang lainnya, silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0813-2194-3199 (WA)

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini