Informasi Seputar Pembuatan Kerajinan Resin

Resin merupakan material industri yang bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang terbuat dari resin punya ciri khas, yaitu berisi berbagai pernak-pernik menarik di dalamnya. Resin tersedia dalam bentuk cair, ada yang warnanya bening, dan ada pula yang keruh. Untuk membuat kerajinan, bahan liquid ini perlu dipadatkan. Dan bahan yang berfungsi untuk memadatkan disebut dengan katalis.

Pembuatan kerajinan resin

Kerajinan resin perlu dibuat secara berhati-hati sebab bahan ini bisa menyebabkan iritasi. Jika terkena kulit, sebaiknya segera mencuci tangan agar bahan kimianya tidak menempel terlalu lama. Resin mengeras karena adanya reaksi kimia diantara resin dan katalis. Banyak yang menganggap bahwa pembuatan resin harus menghindari cuaca lembab karena akan sulit kering. Penyebab resin sulit kering adalah karena kompisisi yang kurang tepat diantara keduanya, bukan karena cuaca. Namun begitu, kondisi basah tetap harus dihindari agar tidak ada air yang masuk ketika pencampuran.

Bahan untuk kerajinan resin

Komposisi utama untuk kerajinan resin adalah resin plus katalisnya. Keduanya bisa ditemukan dengan mudah di toko bahan kimia. Bahkan di era internet seperti sekarang, anda pun bisa membelinya lewat online. Harganya tidak begitu mahal, yaitu di kisaran rp. 60.000,- per kilonya. Sementara untuk katalis jauh lebih murah, sekitar Rp. 15.000,- per botolnya. Kemudian anda juga bisa mencampurkan anti gelembung yang fungsinya untuk menghilangkan gelembung yang sering muncul ketika membuat adonan. Perlengkapan lain yang bisa dipersiapkan adalah mirror glaze dan talc.

Bentuk kerajinan resin

Tidak ada standar khusus soal kerajinan resin. Namanya juga kerajinan, jadi pembuat bisa berekspresi sebebas mungkin. Tapi secara umum, resin sering dipakai untuk membuat gantungan kunci, patung, wadah, miniatur kendaraan, action figure, dsb. Harganya juga bervariasi tergantung dari tingkat kerumitan serta bahan yang dibutuhkan. Semakin banyak resin yang dipakai, semakin mahal pula harga per-unitnya. Selain itu, aksesoris yang dimasukkan ke dalamnya juga mempengaruhi harga. Pernak-pernik yang dibenamkan ke dalam resin bisa apa saja, bahkan yang harganya mahal sekalipun.

Pewarnaan kerajinan resin

Resin secara umum bening, meski ada juga yang keruh. Jika anda langsung mencetaknya tanpa memberi pewarna, maka hasil akhirnya adalah kerajinan yang transparan. Tapi jika ingin lebih cantik lagi, pewarna bisa dipergunakan. Untuk resin bening, penambahan pigmen tidak akan mengubah warna menjadi keruh. Resin tetap bening / transparan, hanya warnanya saja yang berubah. Misalnya kalau ditambahkan warna biru, resin akan menjadi biru transparan. Tingkat kejernihan tergantung dari konsentrasi pewarna. Jika terlalu pekat, transparansinya akan menurun drastis. Sementara untuk resin keruh, pemakaian warna bisa lebih banyak untuk menutupi warna asli resin.

Proses pembuatan kerajinan resin

Untuk kerajinan yang sederhana seperti gantungan kunci, prosesnya sangat mudah. Pertama anda harus mempersiapkan wadah untuk mencampurkan resin dan katalisnya. Jangan lupa mengoleskan minyak secara merata di atas cetakan agar kerajinan bisa mudah dilepas ketika sudah kering. Campurkan kedua bahan dengan perbandingan 1 tetes katalis per 10 ml resin. Takaran harus tepat sebab jika salah satu kelebihan, hasilnya bisa kurang sempurna. Misalnya saja kalau katalisnya terlalu banyak, kerajinan bisa menjadi mudah retak. Sementara jika kekurangan, keringnya butuh waktu lama. Aduklah agak lama agar kedua bahan tercampur merata. Setelah itu baru tuang ke dalam cetakan.

Kerajinan resin PT Energi Putra Bangsa

Kami merupakan workshop produk resin yang berlokasi di Bandung. Kalau ingin tahu lebih banyak seperti apa kerajinan yang kami buat, silakan datang langsung ke Jl. Cigondewah Hilir No. 99 Bandung. Atau hubungi marketing kami di nomor 0813-2194-3199 (WA).

order via whatsapp

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini