Biogas Dari Septic Tank Sebagai Alternative Terbaru

Semakin berkembangnya jaman, semakin canggih pula teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan segala sesuatu yang ada di lingkungan kita untuk kehidupan shari-hari manusia. Salah satu yang saat ini sedang marak dibicarakan adalah biogas dari septic tank. Pemanfaatan biogas dari kotoran ini menjadi salah satu alternative lain untuk memenuhi kebutuhan manusia akan gas LPG.

Komponen biogas dari septic tank

Membuat biogas dari septic tank adalah salah satu cara untuk menggunakan dan memanfaatkan kotoran manusia, hewan, dan sampah organic menjadi bahan bakar dalam rumah tangga untuk memasak dan lainnya. Dalam biogas dari tangki septic ini campuran dari metan, NOX, dan juga CO2 yang dihasilkan dari perombakan suatu limbah dengan cara anaerob didalam tanah menggunakan proses reactor oleh campuran dari berbagai kelompok organism yang diantaranya adalah bakteri hidrolik, bakteri penghasil asetat, serta bakteri metanogenik. Biogas inilah yang akan menjadi bahan berupa gas yang dipergunakan manusia sebagai bahan bakar masak sebagai pengganti gas LPG.

  1. Kandungan

Berdasarkan data yang diambil dari sumber terpercaya, biogas dari septic tank ini merupakan gabungan dari beberapa gas bio yang memang kandungan paling tinggi adalah CH4 atau metan. Kandungan yang dalam presentase cukup tinggi ini juga memiliki kandungan lainnya yaitu:

– Metan (CH4) mengandung 54% – 70%

– Karbondioksida (CO2) sekitar 27% – 35%

– Nitrogen (N2) 0,5% – 2%

– Karbonmonoksida (CO) mengandung 0,1%

– Oksigen (O2) sekitar 0,1%

– Dan Hidrogen Sulfida (H2S) sangat kecil sekali kandungannya.

  1. Nilai kalori

Nilai kalori yang terkandung di dalam 1 meter kubik biogas dari septic tank sekitar 6000 watt/jam. Nilai biogas dari septic tank ini setara dengan setengah liter dari minyak diesel. Oleh sebab itu biogas dari kotoran manusia ini sangat cocok digunakan untuk bahan bakar alternative yang sangat ramah lingkungan dan juga pengganti minyak tanah, LPG, Butana, batu bara, dan bahan-bahan lainnya yang berasal dari fosil.

Tahapan proses pembuatan biogas dari septic tank

Membuat biogas memang dilakukan oleh para peternak sapi yang memang memanfaatkan kotoran sapi mereka. tetapi untuk kasus pemanfaatan biogas dari tangki bioseptik menjadi salah satu yang jarang dibahas karena banyak orang kawatir apabila gas yang akan dihasilkan akan berbau seperti kotoran manusia pada umumnya. Ada beberapa tahapan proses pembuatan biogas dari septic tank ini.

  1. Tahap pemecahan (hidrolisis) biogas dari septic tank

Tahapan pertama pembuatan bahan kotoran manusia dari septic tank menjadi bahan bakar ini dimulai dari perubahan pelarutan dari bahan-bahan organic yang mudah larut dan juga bahan pencernaan bahan organic komplek menjadi lebih sederhana. Komponen sederhana ini akan digunakan sebagai komponen untuk mengubah protein menjadi asam amino, karohidrat menjadi gula, lemak menjadi asam lemak dengan rantai panjang.

  1. Pembentukan asam (asidogenesis) biogas dari septic tank

Tahap pengasaman akan membentuk bahan makanan akan dihasilkan asam asetat, propinat, format, laktat, alcohol, dan sedikit butirat, gas karbondioksida, hydrogen, dan juga ammonia.

  1. Pembentukan metan (metanogenesis) biogas dari septic tank

Dan yang terakhir adalah metanogenensis yaitu pemanfaatan dari kedua tahap menjadi proses asifdifikasi yang sangat sederhana. Senyawa ini baru bisa digunakan untuk bahan bakar untuk memasak.

Untuk kalian yang sedang membutuhkan produk biogas dari septic tank bisa menghubungi Energi Putra Bangsa yang akan memberikan solusi atas persoalan kalian. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan salah satu referensi yang bermanfaat.

order via whatsapp

Ira 0812-2341-8135 (WA)

order via whatsapp

2 thoughts on “Biogas Dari Septic Tank Sebagai Alternative Terbaru”

  1. Apakah mas/mbak menerima jasa pemasangan bio gas dari septic tank manusia.bila iya,berapa kira-kira harga instalasi pemasangannya.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini