Bahan-bahan Untuk Membuat Kerajinan Dari Resin

Membuat kerajinan dari resin tidak sulit. Ada beberapa bahan yang diperlukan, salah satunya adalah resin. Material ini punya sifat cair dan bening, namun varian keruh juga ada. Kerajinan resin bisa dibentuk seperti gantungan kunci, replika mainan, action figure, dll. Ada banyak sekali kegunaan dari bahan cair yang satu ini. Nah, jika anda ingin membuat kerajinan dari resin, maka yang perlu dipersiapkan antara lain resin, katalis, silicone rubber, dan hiasan.

Bahan kerajinan dari resin

Mendapatkan bahan untuk membuat kerajinan resin tidak sulit. Anda bisa mencarinya di toko bahan kimia. Bahan pelengkap lain juga bisa ditemukan disana. Jika ingin lebih praktis, silakan belanja online sebab produk ini juga sudah dijual lengkap di internet. Apa saja keunggulan resin? Yang pertama, kerajinan dari resin sangat mudah dibentuk. Berbeda dari kerajinan kayu atau batu yang membutuhkan pahatan, jenis kerajinan dari resin membutuhkan cetakan. Dengan begitu, hasilnya bisa identik antara satu sama lain.

Material kerajinan dari resin

Resin sendiri merupakan eskudat atau getah yang keluar dari berbagai jenis tumbuhan, termasuk salah satunya pohon kunjung / konifer. Sifat dari bahan ini adalah membeku dalam periode tertentu. Untuk mempercepat prosesnya, dibutuhkan katalis. Katalis juga sama berbentuk cair. Penambahan katalis harus dilakukan secara tepat agar hasil kerajinan sesuai dengan keinginan. Perbandingan yang sering dipakai adalah 10:1, yaitu 10 takar resin untuk 1 takar katalis. Jika katalis kebanyakan, hasil kerajinan akan cepat mengeras, sehingga anda tidak punya waktu untuk menghiasnya.

Biaya membuat kerajian dari resin

Untuk semua bahan yang dibutuhkan, anda perlu mengerluarkan biaya lebih dari 200 ribu rupiah. Harga resin sekitar 70 ribuan perkilonya. Harga berbeda di tiap toko, jadi anda mungkin perlu mencari perbandingan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Kemudian, katalisnya sekitar 20 ribuan rupiah per botol. Yang mahal adalah silicone rubber-nya. Harga silicone rubber berkisar 200 ribuan rupiah per kilo. Silicone rubber juga bisa mengering seperti resin, namun tetap elastis. Jenis resin yang dipakai bisa disesuaikan dengan jenis kerajinan yang dibuat. Misalnya jika anda ingin membuat action figure, resin keruh bisa dipilih. Pewarnaan resin keruh lebih mudah terutama jika anda butuh warna pekat. Sementara resin bening tetap bisa diwarnai, namun hasilnya tembus pandang.

Kerajinan dari resin PT Energi Putra Bangsa

Proses pembuatan kerajinan resin kami hampir sama dengan produsen lain. Pada dasarnya, inti dari membuat kerajinan resin adalah mencampurkan resin dan katalis, kemudian membentuknya. Untuk ukuran dan model, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemesan. Contohnya untuk pembuatan gantungan kunci, anda bisa memilh ornamen apa yang ingin dimasukkan ke dalam resin. Hiasan yang sering dipakai antara lain serangga yang diawetkan, daun, berbagai jenis batu-batuan, mainan, dll. Apapun akan terlihat menarik jika sudah dibalut oleh resin padat.

Membuat kerajinan dari resin

Yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah resin, katalis, dan wadah untuk mencampur. Wadah bisa memakai apa saja, namun alangkah baiknya memakai wadah yang dirancang untuk bahan kimia. Campur kedua bahan dengan perbandingan 10:1. Aduk terus hingga agak mengeras, lalu tunggu sebentar agar gelembung di dalamnya menghilang. Setelah itu, bisa langsung anda cetak memakai silicone rubber kering. Silicone rubber punya karakteristik cair, namun bisa dipadatkan dengan hardener. Anda bisa membuat bentuk apa saja dengan bahan tersebut.

Memesan kerajinan dari resin

Takaran untuk membuat silicone rubber juga perlu diperhatikan. Cukup campurkan hardener sebanyak 5% dari silicone rubber yang dipergunakan. Jika anda merasa tidak yakin, silakan pesan langsung kepada kami. Dengan memesan langsung, tidak ada resiko gagal dan biaya pun akan menjadi lebih hemat. Hubungi saja tim marketing kami di nomor 0813-2194-3199 (WA)untuk informasi lebih lanjut.

order via whatsapp

1 thought on “Bahan-bahan Untuk Membuat Kerajinan Dari Resin”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Disini